en id

Berita

20 PERSONIL LULUS DIKLAT PKP-PK

07 Nov 2015

kembali ke list


Banjarbaru,  jumat, 6 November 2015, sebanyak dua puluh personil   Pertolongan Kecelakaan Penerbangan – Pemadam Kebakaran (PKP-PK) angkatan 25   tahun 2015 selesai melaksanakan Diklat Basic PKP-PK. Bertempat di ruang Emergency   Operation Center Bandara Syamsudin Noor, acara seremonial penutupan berlangsung   khidmat dengan dipimpin oleh Ustadz Ahmad. Pada diklat kali ini PT Angkasa Pura  I, Kantor Cabang Bandara Syamsudin Noor bekerja sama dengan Akademi Teknik  & Keselamatan Penerbangan (ATKP) Medan dan Angkasa Pura Support, dengan   instruktur Bapak Amat Hermawan.

Diklat yang dilaksanakan selama 43 hari ini bertujuan untuk  mendidik dan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugas pokok sebagai personil pelayanan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan  Pemadam Kebakaran rating Basic yang sesuai kewenangannya dengan ketentuan dari  International Civil Aviation Organization (ICAO).

Dalam sambutannya saat penutupan berlangsung, General Manager  Bandara Syamsudin Noor, Handy Heryudhitiawan mengungkapkan  kebanggaannya atas personil yang tergabung  dalam Diklat. “ Kami ucapkan selamat datang kepada semua personil. " Selamat  karena telah melalui berbagai rintangan selama pelatihan. Semoga semua ilmu  yang telah didapat diimplementasikan dengan baik dalam pekerjaan sehari-hari. ”

Beliau juga menambahkan bahwasannya dunia penerbangan  Indonesia yang meski terkendala oleh beberapa hal di tahun ini seperti bencana  alam, kecelakaan penerbangan, dan lain sebagainya namun optimise akan  pertumbuhan penerbangan khususnya di Bandara Syamsudin Noor terus meningkat.  Salah satu indikatornya ialah permintaan salah satu maskapai terbesar di  Indonesia yang mengajukan penambahan rute-rute baru dari dan ke Banjarmasin.

Terlebih lagi ditekankan bahwa dunia penerbangan sarat dengan  prosedur dan teknologi, oleh karena itu harus didukung oleh SDM yang  berkompeten dalam bidangnya. Personil harus selalu mengupdate pengetahuan dan ketrampilan mereka. Sinyal-sinyal positif pertumbuhan penerbangan akan selalu ada sehingga personil perlu terus optimis dengan sennatiasa mengembangkan  karirnya.

Sebagai bentuk penghargaan, instruktur mengumumkan nama-nama  yang berhasil meraih nilai terbaik selama diklat berlangsung, diantaranya Argo  Bayu Satrio, Gumira Andy N, Arief N. Kurniawan, Dimas Aria Galih Fitrianto, dan  Yuda Septiadi.

Penutupan diklat Basic PKP-PK ini semakin menarik karena pada  sesi akhir dilakukan tradisi seperti penyiraman air kepada seluruh personil  melalui kendaraan operasional PKP-PK hingga berbagai kegiatan melatih  kedisiplinan dan keakraban di area kolam. Bahkan setelah sesi penutupan  berakhir para peserta diklat diperbolehkan untuk melakukan hal yang sama kepada  para pelatih. Hal ini tidak lain adalah untuk menumbuhkan keakraban serta  kenangan antara pelatih dan peserta diklat. (Humas)