en id

Berita

PEMBERANGKATAN HAJI KLOTER PERTAMA DARI BANDARA SYAMSUDIN NOOR

15 Sep 2015

kembali ke list


Banjarbaru (7/9) Sebanyak 360 jemaah calon Haji Tahun 1436H embarkasi Banjarmasin hari ini, Senin, 7 September 2015 memadati Asrama HajiBanjarbaru. Mereka akan mengikuti prosesi seremoni pelepasan haji yang akandipimpin langsung oleh Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji, Kanwil Kemenag,HM Tambrin. Dimulai pada pukul 08.30 wita, acara pelepasan berjalan khidmat danlancar. Jadwal pelaksanaan haji tahun ini sendiri akan dimulai dari tanggal 7hingga 17 September 2015.

Petugas Aviation Security Bandara Syamsudin Noor telahbersiap sejak tanggal 6 September untuk menyediakan fasilitas pemeriksaan X-Raybeserta personil keamanananya untuk pemeriksaan fisik dan barang bawaan paraJemaah calon haji.

Tahun ini, embarkasi haji Banjarmasin akan memberangkatkan4190 jamaah yang terdiri dari 9 kloter yang berasal dari Kalimantan Selatan danKalimantan Tengah. Untuk hari pertama, Jemaah yang diberangkatkan sebanyak 360orang (160 orang pria dan 200 orang wanita) dengan menggunakan pesawat GarudaIndonesia dengan nomor penerbangan GA8101, PK-GPG tipe Airbus A330-300 dengan berat bagasi sebanyak 6603 kg.

Setelah prosesi pelepasan jamaah selesai, mereka kemudiandiberangkatkan dengan mengguna kan bus sesuai kloter masing-masing pada pukul10.50 wita menuju sisi udara Bandara Syamsudin Noor.

Sebagai penyedia fasilitas, Bandara Syamsudin Noor telahmelakukan berbagai upaya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan hajidiantaranya menyediakan fasilitas pemeriksaan X-ray di asrama haji besertapersonil pemeriksa, sweeping operasional di sisi udara untuk pengendalian danpeningkatan keselamatan penerbangan, dan lain sebagainya.

Jamaah calon haji yang biberangkatkan dari Bandara SyamsudinNoor akan melewati jalur transit dari Banjarmasin menuju padang, kemudianlangsung ke Jedah dengan estimasi waktu landing pukul 18.35 waktu Jedah. Secaraumum pelaksanaan ibadah haji kloter pertama berjalan aman dan tepat waktu.(Corporate Communication)