en id

Berita

ANTISIPASI SITUASI DARURAT, BANDARA SYAMSUDIN NOOR GELAR TOP TABLE EXERCISE

25 May 2016

kembali ke list


Banjarbaru, Sekitar pukul 08.30 wita petugas Aviation Security (AVSEC) melaksanakan walking patrol  atau pemeriksaan keliling rutin, kemudian mereka melihat ada 4 orang  berperilaku mencurigakan dan berjalan bolak balik di pintu masuk ruang check in serta melakukan pengawasan yang tidak lazim. Untuk memastikan kecurigaan tersebut petugas AVSEC berkoordinasi dengan petugas CCTV untuk melakukan  pengamatan lebih seksama serta segera melaporkannya kepada Team Leader. Di lihat dari CCTV, pelaku meninggalkan sebuah tas ransel berwarna hitam, di atas  troli depan Customer Service ticketing airline Bandara Syamsudin Noor.

Kejadian tersebut  adalah sepenggal narasi skenario dari simulasi Top Table Exercise yang diinisiasi oleh  Airport Security Section Bandara Syamsudin Noor, pada 24 Mei 2016 di ruang Kayuh Baimbai. Top table exercise sendiri merupakan simulasi penanganan kejadian  atau situasi darurat  tanpa melupakan aspek pelayanan terhadap pengguna jasa  Bandara Syamsudin Noor.

" Table top exercise ini adalah sebuah latihan menggunakan alat bantu miniatur yang dilakukan tiap setahun sekali  untuk  meningkatkan  fungsi koordinasi, komunikasi, dan komando antar unit dan instansi  sesuai dengan Dokumen Program Keamanan Bandar Udara (Airport Security Programme  Document). Kegiatan ini juga untuk melatih dan memantapkan kemampuan personel  sesuai dengan bidang tugas masing-masing." jelas Ari Lutfhi, Airport  Security Section Head Bandara Syamsudin Noor.

Hadir dalam kegiatan  tersebut adalah personil Aviation Security beserta Airport Fire Fighting & Rescue. Mereka diberi pengarahan hingga praktek menggunakan miniature mulai  dari identifikasi kejadian, pelaporan, hingga penanganannya seperti apa sesuai  ketentuan tanpa mengganggu kenyamanan pengguna jasa Bandara Syamsudin Noor.

" Kami juga  melibatkan Airport Fire Fighting & Rescue Section jika terjadi dampak buruk  apabila terjadi ledakan di terminal. Mereka akan ditugaskan untuk standby di dekat terminal bandara. "  tambah Ari Lutfhi.

Apabila kejadian semacam ini terjadi, sesuai dengan prosedur yang berlaku, General Manager Bandara Syamsudin Noor juga akan berkoordinasi  dengan Lanud Sjamsuddin Noor dan Polsek Banjarbaru Barat untuk dukungan  mensterilkan area sampai dengan Tim Gegana Brimob tiba di lokasi. (Humas BDJ)