en id

Berita

BANDARA SYAMSUDIN NOOR BERHASIL MELAKSANAKAN LAYANAN PEMBERANGKATAN HAJI EMBARKASI BANJARMASIN

18 Sep 2015

kembali ke list


Banjarbaru (17/9), Pelaksanaan Haji Embarkasi Banjarmasin yang diberangkatkan melalui Bandara Syamsudin Noor telah berakhir kemarin, Kamis, 17 September 2015. Tepat pada pukul 04.30 WITA pagi tadi, Pesawat Garuda Indonesia Airbus A330 - 300 dengan nomor penerbangan GA 8305/PK-GPA telah menerbangkan kloter jamaah calon haji terakhir (kloter 12) sebanyak 230 orang yang terdiri dari 102 orang laki-laki dan 128 orang perempuan.

Jamaah calon haji tahun ini sendiri berasal dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan yang totalnya berjumlah 4130 orang, dengan jumlah petugas sebanyak 60 orang. Jamaah yang berasal dari Plangkaraya, Kalimantan Tengah berjumlah 1080 orang. Mereka dibagi ke dalam 12 kloter pemberangkatan dengan prosedur pemberangkatan dari Asrama Haji untuk dilakukan pemeriksaan oleh Aviation Security Bandara Syamsudin Noor, petugas kesehatan, dan lain sebagainya, kemudian diberangkatkan ke bandara dengan menggunakan Bus Damri.

Sejak diberangkatkan dari tanggal 7 September, hampir semua jadwal penerbangan ke Tanah Suci tepat waktu meski sedikit terkendala dengan kabut asap yang sejak bulan lalu cukup mengganggu penerbangan khususnya dari Bandara Syamsudin Noor.

Secara umum, pemberangkatan jemaah calon haji berjalan lancar meski sempat mengalami kendala pada hari ke empat, tanggal 10 September di mana jadwal keberangkatan mundur dari pukul 05.50 WITA menjadi pukul 11.56 WITA. Namun demikian pihak Bandara Syamsudin Noor yang berkoordinasi dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menjelaskan bahwa semua tetap berjalan lancar.

Adapun yang terlibat dalam kepanitiaan haji embarkasi Banjarmasin  ini diantarantya PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Syamsudin Noor, Kementrian Agama, Garuda Indonesia, Gapura Angkasa, Damri, Kantor Kesehatan Pelabuhan, ACS, Bea & Cukai, Imigrasi, dan TNI AU.

Para jamaah sebelumnya tinggal di Asrama Haji Banjarbaru untuk mengikuti sejumlah kegiatan, termasuk prosesi pemberangkatan  kloter pertama yang telah dilaksanakan pada hari Senin, 7 September 2015. (Humas)