en id

Berita

BANDARA SYAMSUDIN NOOR SELESAI LAKSANAKAN LAYANAN POSKO TERPADU ANGKUTAN NATAL 2015 & TAHUN BARU 2016

09 Jan 2016

kembali ke list


Banjarbaru (8/1),  Bandara Syamsudin Noor telah selesai  melaksanakan layanan posko terpadu angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016  tepat pada hari Jumat, 8 Januari 2016. Layanan ini disediakan selama 22 hari  mulai tanggal 18 Desember 2015 hingga 8 Januari 2016. Posko yang dibentuk  merupakan satuan kerja bersama PT Angkasa Pura I (Persero), Kantor Cabang Bandara  Syamsudin Noor bersama TNI Angkutan Udara, Kantor Kesehatan Pelabuhan, POLRI,  Air Navigation Indonesia, dan airline serta groundhandling, yang bertugas  memastikan kelancaran dan keamanan selama proses monitoring angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 berlangsung.

Liburan Natal dan Tahun Baru kali ini berbarengan dengan libur sekolah yang berlangsung pada  akhir Desember 2015 sampai awal Januari 2016 sehingga lonjakan penumpang yang  terjadi cukup tinggi. General Manager Bandara Syamsudin Noor, Handy  Heryudhitiawan menyampaikan perkembangan pergerakan pesawat, penumpang serta  kargo, khususnya pada pucak arus mudik Natal dan Tahun Baru.

“ Kenaikan jumlah  pesawat datang dan berangkat terjadi pada hari H tahun baru atau 1 Januari 2016  dari jumlah 66 di tahun 2014/2015 menjadi 81 di tahun 2015/2016 (22,73%). Kenaikan  tertinggi penumpang datang dan berangkat terjadi pada H-1 Natal 2015 yaitu tanggal 31 Desember  2015 dari 72.503 orang menjadi 80.439 orang (10,95%). Kargo incoming naik dari 850.675 kg di tahun 2014/2015  naik menjadi 870.442 kg di tahun 2015/2016 (2,32%) sedangkan kargo outgoing naik dari 429.778 kg naik menjadi 504.285 kg (17,34%). ” ungkapnya

Berdasarkan data  yang dihimpun dari sekretariat posko, secara umum dari tahun 2015 dari H-7 sampai H+7 jumlah pesawat datang naik dari 917 menjadi 944 pesawat (2,94%) sedangkan pesawat berangkat naik dari 920 di tahun 2015 menjadi 940 di tahun  2016 (2,17%). Kenaikan penumpang datang sebanyak 8,91% dari jumlah 113.479  menjadi 123.592 orang, sedangkan penumpang berangkat naik sebanyak 10,24% dari  jumlah 120.764 menjadi 133.135 orang.

Selama melaksanakan  layanan posko, Bandara Syamsudin Noor telah melaksanakan program strategis khususnya dalam menghadapi lonjakan penumpang  seperti penambahan ruang tunggu beserta fasilitas kursi di ruang eks tempat  bermain anak, pengadaan fasilitas troli baru, hingga pemasangan kanopi di area  kedatangan sisi udara bandara. Selain itu juga telah disediakan tambahan lahan parkir yang dapat menampung 100  kendaraan. Upaya-upaya ini mendapat respon positif dari pengguna jasa Bandara  Syamsudin Noor Banjarmasin. Monitoring posko sendiri didukung oleh tim Kantor  Pusat PT Angkasa Pura I serta Direktorat  Jenderal Perhubungan Udara yang secara  rutin melaksanakan kunjungan kerja untuk memastikan pelaksanaan layanan untuk  pengguna jasa ini berjalan lancar dan menambah nilai pelayanan di Bandara  Syamsudin noor.

Penutupan posko  dilaksanakan pada hari Jumat, 8 Januari pukul 22.00 WITA. Dipimpin oleh General  Manager, Handy Heryudhitiawan, segenap tim posko melakukan doa bersama atas  selesainya layanan posko rutin kepada pengguna jasa ini setelah sebelumnya  dilakukan evaluasi kinerja tim posko untuk perkembangan layanan di masa  mendatang. (humas)