en id

Berita

BANDARA SYAMSUDIN NOOR KIRIM MITRA BINAAN PELAJARI PROSES PRODUKSI DAN PEMASARAN DI BALI

24 May 2016

kembali ke list


Banjarbaru, Tanggal  17 hingga 19 Mei lalu, Manajemen Bandara Syamsudin Noor melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) atau  tanggung jawab sosial perusahaan memfasilitasi kegiatan kunjungan dan studi  banding (benchmarking) terhadap mitra binaan di daerah Bali. Benchmarking ini  ditujukan kepada dua mitra binaan dengan kategori lancar ke beberapa sentra  kerajinan di daerah Klungkung, Gianyar, Badung, dan Denpasar.

Mitra binaan yang  terpilih adalah BBS Production yang memproduksi glitter block dan kerajinan perak dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan serta D' mol collection yang memproduksi  kerajinan tangan untuk souvenir di daerah Liang Anggang.

Bapak Usman selaku  CSR Section Head menyampaikan " Ini adalah pertama kalinya kami  menyelenggarakan program pemagangan untuk mitra binaan di tahun 2016. Semoga  memberi manfaat bagi perkembangan usaha mitra binaan kami. " Ungkapnya.

Sentra kerajinan  yang dikunjungi diantaranya Yande Batok, industri kerajinan batok kelapa yang  menyediakan berbagai macam model kerajinan batok kelapa serta dapat digunakan sebagai  souvenir. Selain itu mereka juga mengunjungi Bali Sari Silver di daerah Gianyar  yang memproduksi aneka kerajinan terbuat dari bahan perak seperti kalung,  gelang, dan cincin. Selanjutnya mereka mengunjungi Meiga Collection yang ada di daerah Denpasar yang  memproduksi berbagai macam kerajinan tas dan sandal juga dikunjungi oleh mitra binaan.

Lebih lanjut tentang  kesan-kesannya selama mengikuti kegiatan ini, Ibu Rona sebagai perwakilan mitra  binaan D ' Mol collection mengatakan " Program ini bermanfaat sekali bagi kami.  Selain mendapat ilmu baru dari proses pembuatan juga belajar hingga pemasaran. " Katanya.

Senada dengan  beliau, Bapak Mashuri dari BBS Production juga menyampaikan " Bahan baku perak  di Bali harganya lebih murah dibandingkan di Banjarmasin. Saya pribadi belajar  banyak dari metode produksi yang sudah menggunakan alat modern seperti laser,  berbeda dengan kami yang masih konvesional. Ke depannya kami ingin lebih maju  seperti ini. " Ungkapnya.

Kegiatan ini juga  bertujuan untuk memfasilitasi para pelaku usaha kecil dan menengah agar mereka  dapat mengembangkan usaha secara lebih berkelanjutan dan kompetitif. Selain  itu, Manajemen Bandara Syamsudin Noor juga berharap dapat mendorong peran aktif  mitra binaan dalam menjalin kerjasama dengan sejumlah instansi terkait untuk  meningkatkan kemampuan usahanya.

Program yang mendapat respon positif dan dinantikan  oleh para mitra binaan Bandara Syamsudin Noor ini rencananya akan dilaksanakan  kembali pada bulan September dengan mengambil lokasi di Yogyakarta. (humas  BDJ).