en id

Berita

Bandara Syamsudin Noor Layani Kloter Haji Perdana 1437 H / 2016

10 Aug 2016

kembali ke list


Banjarbaru - Manajemen Bandara Syamsudin Noor siap melayani keberangkatan calon jemaah haji 1437 H / 2016. Tahun ini jemaah akan diangkut menggunakan maskapai Saudi Arabian Airlines dengan jadwal penerbangan embarkasi atau keberangkatan perdana pada hari Selasa, 9 Agustus 2016 pukul 01.15 WITA dini hari.

Terdiri dari pemberanhkatan (embarkasi) jemaah haji regular dan pemberangkatan jemaah haji Antara asal kalimantan Tengah jemaah calon haji yang akan diberangkatkan sebanyak 4.198 orang yang terdiri dari Kalimantan Selatan (3.048 orang), Kalimantan Tengah (1.080 orang), tim pembimbing haji Indonesia (14 orang), tim pembimbing ibadah haji Indonesia (14 orang), serta tim kesehatan haji Indonesia (42 orang).

"Fase pertama atau embarkasi perdana tahun ini kami menyambut baik maskapai Saudi Arabian Airlines sebagai maskapai yang akan mengangkut jemaah calon haji sebanyak 295 orang serta petugas haji sebanyak 5 orang. Tipe pesawat yang digunakan yakni Airbus 330-300 dengan nomor penerbangan SV 5901 untuk tanggal 9 Agustus 2016." terang General Manager Bandara Syamsudin Noor, Handy Heryudhitiawan.

Lebih lanjut beliau mengungkapkan terima kasihnya kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan haji tahun ini. "Terima kasih kepada Departemen Agama, Saudi Arabian Airlines, DAMRI, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Kantor Karantina Pelabuhan, Bea dan Cukai, Imigrasi, TNI dan Polri, PT Gapura Angkasa, serta catering yang terus berupaya menyukseskan penyelenggaraan haji tahun ini."

Terkait alur keberangkatan, satu hari sebelum keberangkatan calon jemaah haji sudah memasuki asrama haji Banjarbaru kemudian barang bagasi diserahkan ke Panitia Penyelenggara Ibadah Haji untuk dilakukan pemeriksaan. Enam jam sebelum keberangkatan barang bagasi dikirim ke bandara hingga 30 menit sebelum keberangkatan keberangkatan calon jemaah haji sudah diharuskan masuk ke pesawat udara untuk menjaga on time performance maskapai dan mendukung kelancaran jadwal keberangkatan.

Manajemen Bandara Syamsudin Noor sendiri telah menyiapkan, mengkoordinasikan, dan mengecek kesiapan fasilitas serta peralatan pendukung angkutan haji tahun 2016 yang meliputi fasilitas penunjang pelayanan keselamatan penerbangan, pelayanan bandara, pengamanan bandara, fasilitas penunjang lainnya serta kesiapan SDM dan prosedur yang akan digunakan.

"Untuk keamanan sudah disiapkan 32 personil berlisensi, 2 unit x- ray, handled metal, dan peralatan pendukung lainnya. Sedangkan untuk Airport Fire Fighting & Rescue sudah ada 34 orang personil berlisensi, 3 unit ambulance, serta kendaraan operasional seperti rescue tender dan foam tender untuk antisipasi apabila hal yang tidak diinginkan terjadi." ungkap Handy Heryudhitiawan.

Selain keberangkatan atau embarkasi haji, Bandara Syamsudin Noor juga akan melayani debarkasi atau kedatangan jemaah haji yang dilaksanakan mulai tanggal 17 hingga 30 September 2016 mendatang. (humas BDJ)