en id

Berita

BANDARA SYAMSUDIN NOOR TINGKATKAN KEAMANAN

01 Dec 2015

kembali ke list


Banjarbaru, sebagai salah satu bandara dengan peningkatan  jumlah penumpang pesawat yang selalu meningkat, Bandara Syamsudin Noor  senantiasa menerapkan upaya-upaya menumbuhkan rasa aman bagi para pengguna  jasa.  Sebagai gerbang masuk dan keluarnya  penumpang, bandara memegang peranan yang sangat penting untuk memastikan seluruh  penumpang aman, serta sebaliknya tidak mengancam keamanan bagi orang lain.

Salah satu upaya yang dilakukan Bandara Syamsudin Noor sejak  tanggal 25 November 2015 lalu adalah dengan berkoordinasi dengan TNI AU serta  POLRI untuk menempatkan setidaknya 26 personil untuk memantau dan memastikan  keamanan di Bandara Syamsudin Noor terjaga. Mulai dari gerbang masuk kendaraan hingga  sisi udara, para personil TNI AU Lanud Sjamsudin Noor yang bergabung dengan personil Bandara Syamsudin Noor senantiasa sigap memeriksa setiap kendaraan dan  pengguna jasa yang masuk.

Pada tanggal 27 November juga digelar rapat Komite Keamanan Bandara  (Airport Security Committee/ASC).  Program ini sendiri disusun berdasarkan ketentuan-ketentuan organisasi  penerbangan sipil internasional (OPSI) / International  Civil Aviation Organization (ICAO) dengan Pembina Kepala Kantor Otoritas  Bandara Wilayah III serta Ketua General Manager Bandara Syamsudin Noor. Anggota  yang tergabung diantaranya Distric Manager LPPNPI Banjarmasin, Kepala  kepolisian resort Banjarbaru, Kepala kantor pelayanan bea dan cukai Banjarmasin, Kepala Kantor Imigrasi Kota Banjarmasin, Kepala Kantor SAR  Banjarmasin, dan lain sebagainya.

Adapun tugas komite antara lain mengkoordinasikan pelaksanan  prosesur dan langkah-langkah keamanan di bandara serta memberikan informasi  untuk pengembangan program keamanan bandara, memberikan saran dalam  melaksanakan, mempertahankan dan mengembangkan program keamanan bandara hingga  menyampaikan laporan yang terkait dengan permasalahan keamanan penerbangan di  bandara yang tidak terselesaikan kepada Komite Nasional Keamanan Penerbangan. Dengan adanya upaya-upaya tersebut diharapkan dapat secara  signifikan meningkatkan keamanan di bandara. (Humas)