en id

Berita

Banjarmasin Langsung ke Singapura

05 Sep 2014

kembali ke list


Jakarta - Pengembangan Bandara Syamsudin Noor menjadi bandara internasional makin terbuka. Changi Airport Group (CAG) Singapura bekerjasama dengan Pemprov Kalsel membuka penerbangan Internasional langsung dari Banjarmasin ke Singapura maupun sebaliknya.
Kerjasama ini dihadiri langsung oleh Gubernur Kalsel Rudy Arifin di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, abu (3/9).
Rudy mengungkapkan, rencana penerbangan langsung dari Banjarmasin ke Singapura dan sebaliknya merupakan penerbangan internasional pertama di Bandara Syamsudin Noor. Dengan adanya kerjasama ini tentunya akan membawa banyak kebaikan dan manfaat bagi kedua belah pihak, khususnya dalam pengembangan ekonomi dan pariwisata seperti meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara ke Kalsel.
“Kalsel merupakan daerah potensial dalam bisnis penerbangan, karena Kalsel selain menjanjikan situasi daerah yang aman dan damai, kemudahan bagi pihak manapun yang ingin berinvestasi, termasuk daya dukung dari aspek infrastruktur yang sudah semakin baik,” ucapnya.
Rencana pengembangan Bandara Syamsudin Noor sebagai bandara internasional juga akan segera terwujud dalam waktu dekat. Pemerintah Provinsi Kalsel pada tahun 2012 telah mengalokasikan anggaran untuk membuat DED (Detail Engineering Design) untuk perpanjangan runway menjadi 3000 meter, pembuatan taxiway paralel dan apron.
Bahkan, masterplan pengembangan Bandara Syamsudin Noor sudah disahkan oleh Kementerian Perhubungan, sehingga proyek pengembangan bandara tersebut akan mulai dikerjakan pada tahun 2014 ini dan dijadwalkan paling lambat 3 tahun ke depan akan selesai.
“Insha Allah Bandara Syamsudin Noor akan menjadi salah satu bandara terbaik dan terindah di Indonesia,” katanya. Kesiapan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin menjadi bandara internasional diamini dan sangat didukung oleh stakeholdee yang hadir pada pertemuan, yakni PT Angkasa Pura I, Kantor Keimigrasian Banjarmasin, Kantor bea dan Cukai Banjarmasin, Dishubkominfo dan Dinas Kebudayaan, pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kalsel.
Sementara, Senior Advisor CAG Singapore, Wong Soon Liong menyatakan rasa bangganya akan terwujudnya penerbangan rute Banjarmasin – Singapura dan sebaliknya. Sebab, antar Singapura dan Indonesia selama ini sudah sangat terhubung dengan sangat baik dalam hubungan bisnis, sosial, ekonomi, dan politik. “ Banjarmasin merupakan potensi penerbangan potensial bagi Changi Airport,” ujarnya.
Beberapa Maskapai Penerbangan Internasional yang hadir pada pertemuan yaitu Tigerair, Jetstar/Valuair, Silkair, Garuda Indonesia, dan Lionair pada umumnya juga menyatakan kesiapannya untuk membuka penerbangan internasional dari Banjarmasin ke Singapura, Malaisya, dan Brunei setelah terlebih dahulu akan melakukan studi kelayakan. Sebelumnya di Banjarmasin Air Asia juga telah melakukan promosi dan kesiapannya untuk membuka rute penerbangan internasional di Bandara Syamsudin Noor. ( Gina Rizky / Sumber : Banjarmasin Post )