en id

Berita

DIKLAT BASIC PERTOLONGAN PENERBANGAN & PEMADAM KEBAKARAN

21 Sep 2015

kembali ke list


Banjarbaru (18/9), Bertempat di gedung PKP-PK Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, sebanyak 20 personil PKP-PK mengikuti pembukaan Diklat Basic PKP-PK. Dilat ini diselenggarakakn dengan tujuan untuk mendidik dan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugas pokok sebagai personel pelayanan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran rating Basic yang sesuai kewenangannya dengan ketentuan dari International Civil Aviation Organization (ICAO).

Para peserta sebelumnya diharuskan untuk mengikuti pendidikan dasar kesamaptaan dan bela negara terlebih dahulu di lingkungan kantor PKP-PK. Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan dan meningkatkan jiwa nasionalisme , kebangsaan, kedisiplinan, loyalitas, semangat kerja, dan membangun kerjasama tim para peserta diklat.

Sebagai bagian dari perusahaan negara, pengelola jasa kebandarudaraan harus berusaha untuk memberikan pelayanan prima, menjamin pemenuhan standar keamanan, keselamatan, dan kenyamanan.

Handy Heryudhitiawan selaku General Manager menghimbau kepada seluruh peserta "Laksanakan diklat ini dengan penuh semangat, tanggung jawab, dan jaga kesehatan sebaik-baiknya." Fokudkan konsentrasi pada diklat ini.

Adapun berbagai hal yang akan diajarkan oleh instruktur dalam diklat ini diantaranya adalah peraturan tentang gawat darurat (emergency procedure), pengantar pengetetahuan tentang api, pengantar familiarisasi pesawat udara, pencegahan dan perlindungan kebakaran, pertolongan pertama pada kecelakaan pesawat udara (first aid) dan lain sebagainya.

Pendidikan dan Pelatihan Basic PKP-PK ini terselenggara atas kerjasama antara PT. Angkasa Pura Support dengan Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan dengan instruktur Bapak Amat H. dan dibantu oleh para instruktur dari Bandara Syamsudin Noor, sedangkan di akhir kegiatan diklat ini nantinya akan diuji oleh tim penguji dari Direktorat Keamanan Penerbangan Dirjen Perhubungan Udara Jakarta. Kegiatan yang dilaksanakan secara rutin kepada setiap personil baru PKP-PK ini akan berakhir pada tanggal 30 Oktober 2015. (Humas)