en id

Berita

FGD PENGUKURAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX & LEVEL OF SERVICE

07 Apr 2016

kembali ke list


Banjarbaru, bertempat di Hotel Novotel Banjarbaru, Manajemen Bandara Syamsduin Noor menyelenggarakan FGD (Focus Group Discussion) pengukuran CSI (Customer Satisfaction Index) dan LOS (Level Of Service) pada hari rabu, 6 April 2016. Mengundang seluruh mitra usaha yang ada, manajemen mengajak seluruh peserta yang hadir untuk secara aktif berbagi pengalaman, saran, hingga ide-ide kreatif yang dapat mendukung terciptanya iklim usaha yang kompetitif serta tentunya peningkatan pelayanan terhadap pengguna jasa Bandara Syamsudin Noor.

CSI & LOS sendiri merupakan pengukuran kepuasan pengguna jasa yang dilakukan oleh lembaga independen kredibel INACA (Indonesian National Air Carries Association) yang ditujukan terhadap lima pengguna jasa diantaranya penumpang, konsesioner, air crew, station manager, serta kargo. Pengukuran index kepuasan ini dimulai sejak tanggal 1 hingga 7 April 2016. Melibatkan field agent, para pengguna jasa diajak untuk menilai langsung bandara mulai dari fasilitas, kearamahan personil, hingga saran-saran terhadap pengembangan pelayanan ke depannya melalui pengisian kuesioner.

Dalam sambutannya, General Manager, Handy Heryudhitiawan menyampaikan " Nilai CSI Bandara Syamsudin Noor di tahun 2015 lalu yang mencapai 3,95 tidak lepas dari peran serta mitra usaha. Secara umum pengguna jasa merasa puas dengan pelayanan kita."

Beliau menambahkan bahwasannya seiring dengan berbagai pengembangan yang sudah dilakukan demi mendukung nilai tambah terhadap pengguna jasa seperti beroperasinya terminal kedatangan sementara yang sudah dapat mengurangi kendala kelebihan kapasitas, ruang tunggu yang lebih luas dan nyaman, area parkir yang lebih luas, hingga petugas yang senantiasa dilatih untuk dapat memberikan pelayanan prima, oleh karena itu target tingat kepuasan pengguna jasa yang ditetapkan pun makin tinggi, yaitu 4,02 di tahun 2016 ini.

Indikator-indikator yang menjadi penilaian, khususnya untuk penumpang diantaranya fasilitas parkir, ketersediaan troli, kecepatan check in, hingga pengambilan bagasi, dan lain sebagainya. Perwakilan dari INACA (Indonesian National Air Carries Association), Bpk. Bambang memandu jalnnya diskusi yang dihadiri lebih dari 30 mitra usaha yang beroperasi di Bandara Syamsudin Noor.

General Manager memaparkan mengenai hal-hal yang menjadi kendala selama mitra usaha beroperasi mulai dari kendala fasilitas hingga administrasi di tahun sebelumnya yang saat ini semuanya sudah dapat diselesaikan oleh manajemen. Para undangan secara aktif juga menyampaikan masukan, harapan, hingga ide-ide inovatif yang mendukung terciptanya iklim usaha yang kompetitif serta tentunya pada akhirnya dapat menunjang peningkatan pelayanan di Bandara Syamsudin Noor.

Kagiata FGD ini sendiri merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan sebagai rangkaian dari penilaian kepuasan pengguna jasa serta level pelayanan di semua bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I, salah satunya Kantor Cabang Bandara Syamsudin  Noor. (humas/YM)