en id

Berita

IT BANDARA SYAMSUDIN NOOR JADI PERCONTOHAN POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT

02 May 2016

kembali ke list


Banjarbaru, Sebanyak 33 mahasiswa beserta dosen pendamping dari Politeknik Negeri Tanah Laut, Kalimantan Selatan mengunjungi Kantor Cabang Bandara Syamsudin Noor, Senin, 2 April 2016 pukul 09.00 WITA hingga 12.00 WITA. Kunjungannya yang pertama kali tersebut bertujuan untuk mempelajari bagaimana keamanan dan sistem informasi diterapkan di PT Angkasa Pura I, Kantor Cabang Bandara Syamsudin Noor.

Bpk. Sjamsuddin selaku PTS General Manager sekaligus Finance & IT Department Head yang membawahi Information & Technology Section (IT) menyambut baik kunjungan industri tersebut. Lebih lanjut lagi beliau menyampaikan " Kami selalu terbuka jika ada pertanyaan, bahkan saran. Intinya hari ini kita akan saling berbagi informasi karena rekan-rekan IT di sini juga memulai karirnya dari ketidaktauan. Karena banyak belajar jadi tahu banyak hal." ungkapnya.

Terkait hal pengembangan diri, beliau tak henti-hentinya menghimbau " Kalian tidak harus terpaku dengan pengetahuan yang diberikan kampus. Harus selalu mencari peluang mengembangkan diri, apalagi D3 harus mahir dalam hal teknis. Cari ilmu sebanyak-banyak karena akan sangat bermanfaat di dunia kerja nanti." sambungnya.

Senada dengan beliau, Bpk. Amir Mahmud selaku IT Section Head mengatakan " Meski unit IT baru diaktifkan di tahun 2013 namun sudah banyak proses bisnis yang berbasis IT seperti e-poss yang memungkinkan kami untuk dapat memonitor setiap detik transaksi yang dilakukan tenant-tenat di terminal Bandara Syamsudin Noor. Laporan juga lebih efisien karenanya." ujarnya.

Materi yang dipaparkan untuk menambah pengatahuan mahasiswa diantaranya pentingnya keamanan data, tujuan keamanan data, aspek-aspek serangan data, hingga sistem yang digunakan oleh PT Angkasa Pura I seperto System Application & Product, Human Capital Information System, Website, Complaint Handling System, Flight Information DIsplay System, dan lain sebagainya.

Kepala Jurusan Politeknik Negeri Tanah Laut Bpk. Redi Rizani menyampaikan terima kasihnya kepada Manajemen Bandara Syamsudin Noor yang telah berkenan menerima mahasiswa dari Politeknik yang baru berdiri sejak tiga tahun lalu tersebut.

" Semoga kerjasama ini akan terus berlanjut serta mahasiswa kami dapat diberi kesempatan untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan di masa mendatang. Di dunia Aviasi ini kami yakin anak-anak bisa mengimplementasikan berbagai ilmu yang sudah mereka pelajari sekaligus mengembangkannya." ujarnya.

Pada sesi akhir dibuka tanya jawab. Tidak sedikit yang mengutarakan impiannya agar bisa bergabung menjadi karyawan PT Angkasa Pura I. Manajemen mengapresiasinya karena ini adalah salah satu bukti bahwa PT Angkasa Pura I telah menjadi salah satu BUMN yang dipercaya dan menjadi bagiannya adalah mimpi bagi banyak pelajar potensial.

Menutup kunjungan ini, para mahasiswa diajak melakukan survey lapangan langsung ke area server perkantoran dan parkir serta dihimbau agar terus mempelajari beberapa hal diantaranya bahasa pemrograman, menguasai perangkat keras dan lunak, teori jaringan hingga cara kerja sistem operasi jika ingin menjadi seorang pengaman data atau informasi kelak. (humas)