en id

Berita

JAMAAH HAJI KLOTER PERTAMA MENDARAT DI BANDARA SYAMSUDIN NOOR

16 Oct 2015

kembali ke list


Banjarbaru, Sebanyak 358 jamaah haji kloter pertama dari  Banjarmasin hari ini, Jumat, 16 Oktober 2015 tiba di tanah air melalui Bandara  Syamsudin Noor Banjarmasin. Menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor  penerbangan GA 8201/PK-GPD type A 330 – 300, jamaah mendarat di apron east pada  pukul 08.28 WITA, bergeser sedikit dari jadwal yang ditentukan yaitu pukul  07.50 WITA. Hal ini sama sekali tidak disebabkan oleh kondisi di tanah air  melainkan dari bandara setempat di Arab Saudi.

Pimpinan jamaah haji kloter pertama ini adalah Abdul Kadir  Amirhusin, dengan jumlah jamaah laki-laki sebanyak 159 orang, wanita 199 orang,  sehingga total jamaah haji sebanyak 358 orang. Untuk bagasi jamaah haji yang diangkut  sebanyak 360 koli, dengan berat bagasi 10493 kg.

Jamaah haji disambut langsung oleh Kepala Kanwil Kementrian  Agama Kalsel Muhammad Tambrin dan petugas darat, termasuk Bandara Syamsudin  Noor yang sejak pagi telah memastikan kondisi apron atau parkir pesawat aman  dan lancar hingga pemeriksaan kendaraan bus yang akan mengangkut para jamaah  haji.

Jumlah Jamaah haji kloter pertama sendiri mengalami  pengurangan dari 360 menjadi 358 orang, artinya dua orang yang tidak pulang.  Hal ini karena mereka wafat saat insiden Mina atas nama Abdul Gani (65 tahun)  dan dirawat di rumah sakit bernama Fatimah Abdul Hamid (58).

Para jamaah haji kemudian dibawa ke asrama haji Banjarbaru  untuk mengikuti proses pemeriksaan kesehatan lebih lanjut sebelum dibawa kembali  ke rumah masing-masing.

Adapun langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Bandara  Syamsudin Noor untuk memastikan kondisi penerbangan aman dan lancar adalah  dengan berkoordinasi dengan semua maskapai untuk memastikan tidak ada jadwal  penerbangan regular yang terkena dampak kepulangan haji, begitu pula  sebaliknya. (Humas)