en id

Berita

Jumlah Pemudik Menurun

25 Jul 2014

kembali ke list


Banjarmasin - Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan melakukan inspeksi ke Bandara Syamsudin Noor, Terminal Km 6, dan Pelabuhan Trisakti, kemarin (24/7). Inspeksi ini untuk melihat secara langsung pelaksanaan mudik dari Kalsel. Dari hasil inspeksi tersebut, terlihat bahwa secara umum pelaksanaan arus mudik di Kalsel berjalan dengan lancar. Namun persentase pengguna layanan umum ini menurun dibandingkan tahun lalu. Baik di Terminal Km 6 maupun Bandara Syamsudin Noor diperkirakan mengalami penurunan sekitar 20 persen. Hal tersebut diungkapkan oleh Rudy setelah bertemu dengan GM Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor, Akhmad Munir dan Kepala UPTD Terminal Km 6, M Yusuf. “Baik di bandara maupun terminal. Semua kesiapan petugas angkutan berjalan dengan baik. Semua posko terpadu juga sudah siap,” ujarnya.
Untuk angkutan udara, sudah disiapkan slot time tambahan untuk penerbangan tambahan. Namun hingga saat ini masih belum digunakan. Sedangkan di terminal sudah disiapkan 60 armada untuk angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) sebanyak 60 bus. Sementara masih belum beroperasi sebanyak 20 bus dengan cadangan lima bus. 
“Dari dua tempat tersebut, ada kecenderungan penurunan jumlah penumpang dibandingkan tahun lalu. Baik bandara maupun terminal menilai sekitar 20 persen penurunan. Memang tidak banyak yang mudik melalui angkutan umum tahun ini,” ujarnya.
(humas / sumber : Radar Banjarmasin)