en id

Berita

PEDULI KESELAMATAN & KESEHATAN KERJA, BANDARA SYAMSUDIN NOOR GELAR SOSIALISASI K3

19 May 2016

kembali ke list


Banjarbaru - Bandara  Syamsudin Noor menggelar sosialisasi keselamatan dan kesehatan kerja atau K3  bekerjasama dengan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru hari ini,  Kamis,  19 Mei 2016. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan  kesadaran serta pengetahuan pekerja dan mitra kerja PT Angkasa Pura I Kantor Cabang  Bandara Syamsudin Noor mengenai keselamatan dan kesehatan kerja. 

Acara yang  dilaksanakan di ruang rapat Kayuh Baimbai ini dibuka oleh PTS General Manager  Bandara Syamsudin Noor, Bpk. Sjamsuddin serta menghadirkan pembicara dari Dinas  Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru, Ibu Sri Wahyuni Iswari serta Bpk. Gusti Rean. Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya maskapai yang beroperasi di Bandara Syamsudin Noor, Koperasi PT Angkasa Pura I (Persero), pengelola Groundhandling, serta anak perusahaan PT  Angkasa Pura I (Persero).

Dalam kesempatan  ini, Bpk. Sjamsuddin mengharapkan agar sosialisasi keselamatan dan kesehatan  kerja ini dapat dipahami serta dimplementasikan  di tempat kerja masing-masing. Hal itu bisa mengurangi risiko di tempat kerja  maupun menimbulkan biaya yang cukup besar bagi perusahaan di mana tempat kita  bekerja.

Sri Wahyuni dalam  pemaparannya menjelaskan " K3 belum menjadi tuntutan pekerja karena tuntutan  saat ini masih pada kebutuhan dasar (upah dan tunjangan kesejahteraan). Dari  segi pengusaha juga menekankan penghetaman biaya produksi dan meningkatkan  efisiensi. " ungkapnya.

Sosialisasi yang  berlangsung kurang lebih tiga jam ini juga mengajak para undangan yang hadir  untuk berdiskusi bersama. Diawali dengan Rodi, perwakilan Angkasa Pura Support yang  menyampaikan " Setiap perusahaan mempunyai aturan K3, hambatannya adalah pola  hidup yang beroperasi di lapangan. Oleh karena itu sosialisasi ini sangat  berguna untuk menumbuhkan kesadaran para karyawannya. "  tegasnya.

Lebih lanjut lagi,  Meta, General Manager PT Gapura Angkasa selaku pengelola Groundhandling  menanyakan " Bagaimana data dari kompilasi kejadian K3 saat ini khususnya di  Banjarbaru ? "  ungkapnya.

Menanggapi hal ini,  pembicara menjelaskan bahwasannya untuk saat ini kejadian K3 di Banjarbaru  masih terbilang ringan. Namun demikian pembinaan terhadap karyawan terkait  penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) masih kurang sehingga sosialisasi dan  monitoring dari manajemen masih sangat penting untuk tetap dilaksanakan.

" Terkait kondisi operasional saat hujan  lebat disertai  petir. Manajemen berhak untuk memberhentikan petugas sementara untuk  menjaga keselamatan pekerja. " tambah Sri Wahyuni  (humas bdj).