en id

Berita

FOREIGN OBJECT DAMAGE (FOD) CLEANING OLEH KARYAWAN BANDARA SYAMSUDIN NOOR

03 Sep 2015

kembali ke list


Banjarbaru (2/9), Seluruh karyawan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin pada hari Rabu, 2 September 2015 pukul 07.00 WITA telah berkumpul untuk melakukan kegiatan Foreign Object Damage (FOD) cleaning. FOD sendiri merupakan benda asing yang dapat menyebabkan kerusakan pada pesawat udara. Artinya, keberadaan benda asing tersebut di sekitar pesawat udara dapat menyebabkan kerusakan pada pesawat udara pada saat fase take off atau landing.

Kegiatan dengan tema "FOD Cleaning, Peningkatan Keselamatan datersebut n kebersihan Lingkungan", adalah program rutin setiap satu bulan sekali dengan mengambil lokasi dari sisi udara bagian barat yaitu di area West Apron, Services Road, East Apron hingga bagian barat gedung Pertolongan Kecelakaan Penerbangan & Pemadam Kebakaran (PKP-Pk), dan juga merupakan pendukung dari kegiatan rutin pengecekan sisi udara (airside) oleh Airport Facilities & Readiness Section yang sekaligus bertujuan untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan seluruh karyawan.

General Manager Bandara Syamsudin Noor, Handy Heryudhitiawan menyampaikan "FOD yang sangat membahayakan pesawat udara tersebut dapat ditemukan di gerbang terminal, apron, taxiway, runway, services road, dan area lain sisi udara. Oleh karena itu perlu dilakukan pembersihan atau cleaning secara rutin meminimalisir bahaya tersebut."

Selesai melakukan FOD cleaning, seluruh karyawan langsung menuju ke gedung PKP-PK untuk beristirahat sembari mendengarkan evaluasi dari General Manager terkait temuan-temuan FOD yang ada, seperti kerikil, botol, kain, dan sampah lainnya yang dapat mengancam keselamatan penerbangan. Setelah dilakukan evaluasi acara pun kemudian ditutup dengan sarapan pagi bersama di gedung perkantoran sekitar pukul 10.00 WITA. (Corporate Communication)