en id

Berita

PEDULI SESAMA, BANDARA SYAMSUDIN NOOR BERPARTISIPASI DALAM ACARA GREBEK SAHUR 2015

09 Jul 2015

kembali ke list


Banjarbaru,  Minggu, 5 Juli 2015, sekitar  pukul 23.00 WITA di Golden Tulip hotel  Banjarmasin tampak lebih dari lima puluh mobil berjejer memadati area parkir.  Sebagian personil terlihat tengah menaikan box berisi makanan dan minuman ke dalam mobil double cabin. Di sisi yang lain, beberapa tengah melakukan briefing rute perjalanan. Ini adalah  suasana sebelum acara Grebek Sahur 2015 yang dipelopori oleh Badan Usaha Milik  Negara (BUMN) yang tergabung  dalam komunitas BUMN Banua Cycling Club (B2C2) , Perusahaan Swasta yang tergabung dalam General Manager Club (GMC Plus), serta instansi-instansi pemerintahan seperti TNI AU, TNI AL, POLRI,  Koramil, dan lain sebagainya.

Acara grebek sahur ini merupakan kali ke delapan yang diadakan oleh BUMN, Perusahaan Swasta, dan instansi-instansi pemerintahan lain.  Setidaknya ada lebih dari 200 instansi yang terlibat dalam pembagian lebih dari  seribu box makanan santap sahur untuk orang –orang yang membutuhkan. Selain sebagai wadah untuk menyalurkan kepedulian terhadap sesama di bulan ramadhan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi serta kekompakan antar instansi khusunya yang ada di Kalimantan Selatan.

Tim grebek sahur sendiri dibagi menjadi dua yaitu B2C2 BUMN yaitu perwakilan dari sektor BUMN dan GMC Plus yang berasal dari sektor swasta. Bertindak sebagai Patroli dan Pengawalan dalam Tim B2C2 adalah TNI AU Sjamsudin Noor, dengan koordinator lapangan adalah Garuda Indonesia. Bandara Syamsudin Noor sendiri berperan dalam hal penyediaan mobil double cabin dan logistik. Patroli dan pengawalan dalam Tim GMC plus adalah TNI AL, dengan koordinator lapangan dan logistik oleh Pelindo III.

Rute acara grebek sahur ini dimulai dari Golden Tulip Hotel kemudian menuju ke Jl. Jendral Ahmad Yani hingga akhirnya kembali ke Rumah Dinas Danlanud Landasan Ulin untuk mengikuti acara coffee break serta berakhir di Rumah Dinas Walikota Banjarbaru untuk bersantap sahur bersama.

Sebagai salah satu pihak yang berpartisipasi, General Manager Bandara Syamsudin Noor, Bapak Handy Heryudhitiawan mengungkapkan “Ini adalah acara yang sangat special karena tidak pernah dilakukan di 13 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero). Kami sangat senang karena Bandara Syamsudin Noor bisa ikut terlibat berbagi terhadap sesama. Semoga kekompakan BUMN dan swasta dapat tetap terus terjalin. ”

Senada dengan Bapak Handy Heryudhitiawan, dalam sambutannya, Walikota Banjarbaru, Bapak Ruzaidin Noor menyampaikan “Terimakasih untuk semua pihak yang telah terlibat dalam grebek sahur ini. Semangatnya luar biasa. Siapapun pengganti pemimpin nantinya, semoga acara positif seperti ini akan tetap berlanjut di Kalimantan Selatan.”

Grebek sahur ini sendiri berawal dari tradisi Kalimantan Selatan yang disebut “Tanglong” yang artinya perang petasan. Dahulu dimeriahkan dengan pesta kembang api dan pawai lampion. Seiring perkembangan zaman, tanpa menghilangkan esensinya tradisi ini diubah menjadi grebek sahur.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan santap sahur bersama sebelum akhirnya saling berjabat tangan untuk kembali ke tempat masing-masing (Corporate Communication)