en id

Berita

PENERBANGAN UMROH LANGSUNG DARI BANDARA SYAMSUDIN NOOR RESMI DIMULAI

15 Dec 2015

kembali ke list


Banjarbaru - Jemaah yang akan melaksanakan umroh dari Kalimantan Selatan kini tidak perlu lagi harus melalui bandara-bandara Internasional lain seperti Bandara Juanda Surabaya, Bandara Soekarno - Hatta Jakarta, dan lain sebagainya, sebab PT. Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Syamsudin Noor telah mengoperasikan secara resmi terminalnya dengan menggandeng maskapai Lion Air membuka penerbangan langsung dari Banjarmasin-Batam-Jeddah dan Madinah, Arab Saudi.

Penerbangan pada hari Selasa, 15 Desember 2015 dari maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT 116 tipe Airbus A330-300 yang mengangkut jemaah sebanyak 437 orang merupakan gabungan dari seluruh jemaah dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah merupakan penerbangan perdana yang membawa jemaah umroh dari Banjarmasin ke Jeddah dan Madinah dengan rencana waktu keberangkatan 08.35 WITA. Maskapai Lion Air ini akan beroperasi satu kali dalam sepekan setiap hari Selasa.

PT. Angkasa Pura I (Persero) optimis pembukaan rute baru ke Jeddah dan Madinah ini akan mendapat sambutan positif, apalagi animo masyarakat di Kalimantan Selatan dan sekitarnya untuk berumroh cukup tinggi, sehingga kapasitas pesawat diyakini dapat terisi penuh. Pangsa pasar rute ini cukup besar, PT Angkasa Pura I (Persero) berupaya untuk memfasilitasi keinginan warga Kalimantan Selatan khususnya untuk berumroh. "Penerbangan langsung akan menarik minat jemaah karena disamping mempersingkat waktu tempuh juga mengurangi biaya. Dengan rute baru ini Jemaah umroh hanya butuh 9 jam untuk terbang dari Banjarmasin-Batam-Jeddah", disampaikan oleh General Manager Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Handy Heryudhitiawan.

Beroperasinya penerbangan langsung Banjarmasin-Batam-Jeddah dan Madinah ini sesuai dengan permintaan besar dari pasar umroh Kalimantan Selatan. Selain itu juga didukung oleh kedekatan negara Arab Saudi dan Indonesia yang memiliki budaya Islam yang serupa dan hubungan perdagangan yang kuat terutama di bidang energi dan sumber daya manusia. Penerbangan selanjutnya yaitu tanggal 22 dan 29 Desember 2015 yang sudah disiapkan oleh Lion Air. (Humas)