en id

Berita

PENINGKATAN HYGIENE SANITASI PANGAN BAGI PENGUSAHA TPM & PENJAMAH MAKANAN DI BANDARA SYAMSUDIN NOOR

10 Dec 2015

kembali ke list


Banjarbaru, bertempat di ruang rapat kayuh baimbai, Kamis, 10 Desember 2015, Bandara Syamsudin Noor bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) mengadakan pertemuan dalam rangka peningkatan hygiene sanitasi pangan bagi pengusaha Tempat Pengolahan Makanan (TPM) dan penjamah makanan di lingkungan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. Dihadiri oleh seluruh mitra usaha yang beroperasi di Bandara Syamsudin Noor, acara ini berlangsung interaktif.

Sebelumnya telah diadakan pengawasan dan pemeriksaan rumah makan, restoran, dan jasa boga di Bandara Syamsudin Noor oleh KKP yang tujuannya diantaranya untuk mengetahui kualitas makanan olahan secara mikrobiologis dan kimia serta mengetahui kesehatan lingkungan usaha dan kesehatan karyawan / penjamah makanan. Hal ini sesuai dengan fungsi pengawasan KKP dalam Peraturan Menkes RI Nomor 356/MENKES/PER/IV/2008 Pasal 2 takni pelaksanaan pengendalian risiko lingkungan di bandara, pelabuhan, dan lintas batas darat negara. Bandara Syamsudin Noor mendukung sepenuhnya fungsi pengawasan KKP ini karena sejalan dengan upaya manajemen untuk senantiasa mengutamakan pelayanan prima terhadap pengguna jasa.

Pemeriksaan terdiri dari pemeriksaan mikrobiologis makanan, pemeriksaan kimia makanan, pemeriksaan usap alat makan/masak, dan pemeriksaan mikrobiologis air bersih dari bulan maret hingga september 2015. Hasil evaluasi menunjukan bahwa masih ada beberapa penjamah makanan yang belum memakai alat pelindung diri saat memasak, kebersihan masih perlu ditingkatkan, serta pengetahuan para personil tenant akan kebersihan sanitasi pangan yang juga masih perlu untuk ditingkatkan.

Setelah dilakukan kegiatan pengawasan oleh KKP dan Bandara Syamsudin Noor yang pengelolaannya berada di bawah tanggung jawab unit Safety Health & Environment sepakat untuk melakukan beberapa hal diantaranya menghimbau kepada seluruh mitra usaha yang hadir untuk mulai menerapkan pemaparan sosialisasi, melakukan pembinaan TPM secara berkala, hingga penerbitan sertifikat laik hygine sanitasi bagi rumah makan, restoran, dan catering yang nilainya memenuhi syarat sehingga dapat menjadi pemicu untuk senantiasa mematuhi prosedur kebersihan dan kesehatan yang berlaku di Bandara Syamsudin Noor. (Humas)