en id

Berita

Penumpang Arus Balik Penuhi Bandara Syamsudin Noor

04 Aug 2014

kembali ke list


Banjarbaru - Ribuan penumpang arus balik berdatangan dan memenuhi Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Minggu atau H+7 pasca Idul Fitri 1435 Hijriah. Airport Service Section Head Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Heru Widiatmo di Banjarbaru, Minggu mengatakan, puncak arus balik penumpang diperkirakan berlangsung hingga Minggu malam. "Puncak arus balik penumpang diperkirakan terjadi Minggu (3/8) dengan perkiraan 6.600 orang, tetapi jumlah pasti penumpang belum diketahui karena penerbangan berlangsung hingga malam hari," ujarnya.
Ia mengatakan, jumlah penumpang pada puncak arus balik diperkirakan mencapai 6.600 orang karena jumlah penumpang di bandara setempat pada H+6 atau Sabtu (2/8) mencapai 6.542 orang. Dijelaskan, seperti diperkirakan, puncak arus balik di bandara yang terletak di Kota Banjarbaru itu terjadi pada Sabtu dan Minggu bertepatan berakhirnya libur panjang pasca Idul Fitri yang dirayakan 28 Juli 2014.
"Puncak arus balik diperkirakan Sabtu dan Minggu karena besok bertepatan masuk kerja dan sekolah setelah libur panjang sehingga jumlah penumpang yang datang melebihi penerbangan normal," ujarnya. Menurut dia, jumlah penumpang arus balik atau datang ke bandara tahun 2014 pada H+6 sebanyak 6.542 orang atau meningkat 1,6 persen jika dibanding hari yang sama pada 2013 sebanyak 6.436 orang. "Meningkatnya penumpang arus balik kemungkinan karena moment usai libur panjang, disamping pemudik yang diperkirakan mengajak sanak saudara dan keluarganya membuka usaha di Kalsel," ujarnya.
Dikatakan, selain penumpang arus balik, jumlah penumpang berangkat pada H+6 Idul Fitri juga mengalami kenaikkan sebesar 12,7 persen dari 5.308 orang pada 2013 menjadi 5.986 orang pada tahun 2014. "Kenaikkan jumlah penumpang memang terjadi setiap tahun pasca libur panjang seperti Idul Fitri maupun hari besar lain. Jumlah penumpang berangkat normal 6.000 orang dan datang 4.000 orang," katanya. (Gra / sumber : Antaranews)