en id

Berita

REALISASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BANDARA SYAMSUDIN NOOR PER APRIL 2016

04 May 2016

kembali ke list


Kontribusi dan eksistensi pengusaha kecil dan menengah (UKM) tidak diragukan lagi peran dan kiprahnya untuk ikut serta membantu program pemerintah guna mengurangi tingkat pengangguran, meingkatkan pendapatan masyarakat, membantu pertumbuhan ekonomi, hingga distribusi pendapatan yang adil.

PT Angkasa Pura I (Persero), Kantor Cabang Bandara Syamsudin Noor terus aktif berpartisipasi mendorong program pemerintah tersebut dengan melaksanakan serangkaian program Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab sosial perusahaan hingga April 2016 sebagai berikut :

Khitanan Massal Gratis

Dalam rangkaian kegiatan memeriahkan HUT PT Angkasa Pura I ke-52 tahun, Bandara Syamsudin Noor menyelenggaraka salah satu program unggulan dengan dana lebih dari 34 juta rupiah yakni khitanan massal gratis untuk anak-anak kurang mampu di Kalimantan Selatan pada 27 Februari 2016 di Kantor Administrasi Bandara Syamsudin Noor. Bekerjasama dengan Rumah Khitan Al-Amin, program perdana ini diikuti oleh 52 peserta, sesuai dengan usia PT Angkasa Pura I saat ini. Para peserta merupakan anak-anak yang berasal dari Kelurahan Syamsudin Noor, Landasan Ulin Timur, Guntung Payung, Guntung Manggis, serta perwakilan dari beberapa panti asuhan yang ada di Banjarbaru.

Dr. Dayat selaku perwakilan dari Rumah Khitan Al-Amin mengungkapkan " Kami sangat berharap ke depannya kegiatan-kegiatan dalam bidang kesehatan dengan Bandara Syamsudin Noor ini dapat terus berjalan, semakin beragam serta berkembang. Kerjasama ini membantu untuk menjangkau masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan." terangnya.

Penyaluran Dana Bantuan Kemitraan Tahap I

Tanggal 22 Maret 2016, penyaluran bantuan dana pinjaman tahap pertama dilaksanakan. Bantuan usaha sebesar 158 juta rupiah diserahkan kepada tujuh mitra binaan diantaranya Gorden family, Nia laundry, Konveksi & jahit Latifah, Toko Berkat Doa Ibu, dan lain sebagainya yang masing-masing memiliki usaha di daerah Banjarmasin, Banjarbaru, hingga Kandangan, Kalimantan Selatan.

Finance & IT Department Head, Sjamsuddin menjelaskan mengenai manfaat bermitra dengan Bandara Syamsudin Noor bahwasannya selain bunganya yang amat rendah, mitra juga yang pada akhirnya menikmati manfaat bunga itu " Bunga rendah yang kami terima akan kembali pada mitra binaan masing-masing karena kami salurkan untuk pelatihan bisnis, studi banding usaha, hingga mengikuti pelatihan yang berguna untuk menunjang kemajuan bisnis serta ketrampilan pelaku bisnis." ujarnya.

Pelayanan Kesehatan Keliling Gratis

Setelah sukses melaksanakan salah satu program unggulan layanan kesehatan keliling gratis di tahun 2015 lalu, tanggal 2 Februari 2016, Manajemen Bandara Syamsudin Noor kembali memperpanjang kontrak kerjasama program serupa dengan Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru. Layanan kesehatan keliling ini sendiri terdiri dari pelayanan kesehatan, pemeriksaan ibu dan anak, pemberian imunisasi, dan gizi atau makanan tambahan dengan jadwal setiap hari senin, rabu, dan kamis setiap minggunya.

Sampai dengan April 2016, program dengan respon sangat positif dari masyarakat ini telah menghabiskan dana lebih dari 54 juta rupiah dengan total pasien sebanyak 2.451 orang terdiri dari 1.595 balita, 111 ibu hamil, dan 738 masyarakat umum.

Posyandu yang sudah mendapat layanan ini hingga April 2016 diantaranya Posyandu Mawar, Posyandu Anggrek Palam Cempaka, Posyandu Wella, Posyandu Lestari, Posyandu Batu Intan Cempaka, Posyandu Bunga Rampai, Posyandu Bunga Lemo, Posyandu As Syifa, dan Posyandu Batu Ampar Cempaka.

Program Corporate Social Responsibility Bulan Mei 2016

Tidak berhenti sampai di situ, Bandara Syamsudin Noor sudah mempersiapkan serangkaian program untuk bulan mei 2016 seperti penyaluran bantuan bina lingkungan non monumental dengan dana sebesar lebih dari 270 juta rupiah seperti bantuan renovasi rumah ibadah, sekolah, dan lain sebagainya.

Selain itu, untuk mendorong peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam berbisnis, manajemen juga menyiapkan program pemagangan mitra binaan ke Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, agar para pemilik usaha dapat belajar langsung dari usaha yang lebih maju. Istimewanya lagi, program ini sama sekali tidak memungut biaya karena segala keperluan mitra mulai dari pemberangkatan hingga pemulangan ditanggung sepenuhnya oleh Bandara Syamsudin Noor.

Selanjutnya, program berikut yang manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat sekitar adalah penyaluran bantuan bina lingkungan monumental berupa pembangunan posyandu di dua kelurahan diantaranya Guntung Payung dan Landasan Ulin Utara sebesar senilai lebih dari 178 juta rupiah.