en id

Berita

Rombongan Terakhir Jemaah Calon Haji Diberangkatkan Dari Bandara Syamsudin Noor

22 Jul 2016

kembali ke list


Banjarbaru - Bandara Syamsudin Noor melayani embarkasi atau keberangkatan calon jemaah haji Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah dari tanggal 9 Agustus 2016 lalu. Tanggal 23 Agustus 2016 merupakan hari terakhir pemberangkatan kloter haji di tahun 2016 ini. Ini adalah kali pertama jemaah calon haji diangkut menggunakan Maskapai Saudi Arabian Airlines dengan rute Banjarmasin - Batam - Madinah dengan operator pesawat yang digunakan yakni Onurair Turki. 

Jemaah calon haji tahun ini berasal dari berbagai daerah di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah diantaranya Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Hulu Sungai Utara, Barito Kuala, Kabupaten Banjar, Kotabaru, Tanah Bumbu, Hulu Sungai Selatan, Tabalong, Tapin, Kotabaru, Balangan, Hulu Sungai Timur, Batola, Sampit, Pangkalan Bun, Palangkaraya, Kota Waringin Barat, Kota Waringin Timur, Palangkaraya, Sampit, dan Kuala Kapuas. 

"Sejak diberangkatkan tanggal 9 Agustus hingga kloter terakhir tanggal 23 Agustus lalu jumlah jemaah calon haji yang tercatat sebanyak 4.182 orang yang terdiri atas jemaah pria sebanyak 1.883 orang serta jemaah wanita sebanyak 2.299, serta jumlah bagasi yang diangkut sebanyak 72.664 kg." tutur General Manager, Handy Heryudhitiawan. 

Data rencana keberangkatan mencatat jemaah calon haji yang diberangkatkan sebanyak 4.198 orang yang terdiri dari jemaah asal Kalimantan Selatan (3.048 orang), Kalimantan Tengah (1.080 orang), tim pembimbing haji Indonesia (14 orang), serta tim kesehatan haji Indonesia (42 orang). Namun demikian karena alasan sakit dan lainnya maka sebanyak 16 jemaah terpaksa belum bisa diberangkatkan. 

Kesiapan penyelenggaraan layanan embarkasi jemaah calon haji di Bandara Syamsudin Noor tahun ini berjalan aman dan lancar karena didukung oleh SDM dan fasilitas yang memadai diantaranya 32 personil Aviation Security berlisensi, 2 unit x-ray, handled metal, dan peralatan pendukung lainnya. Sedangkan untuk Airport Fire Fighting & Rescue ada 34 personil berlisensi, 3 unit ambulance, 1 unit rescue tender, unit foam tender, serta 1 unut water tank untuk mengantisipasi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. 

"Selain embarkasi atau keberangkatan calon jemaah haji yang alhamdulilah sukses dilaksanakan, Bandara Syamsudin Noor juga akan melayani debarkasi atau kepulangan jemaah haji mulai tanggal 17 hingga 30 September 2016 mendatang. SDM dan fasilitas sudah kami persiapkan." kata Handy Heryudhitiawan. (humas BDJ)