en id

Berita

SERTIFIKASI LAYAK OPERASI BANDARA SYAMSUDIN NOOR DIPERPANJANG HINGGA 2020

29 Apr 2016

kembali ke list


Banjarbaru, Bandara  Syamsudin Noor baru saja menerima Sertifikasi perpanjangan pengoperasian bandar  udara dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara tertanggal 15 Agustus 2015  yang menandakan bahwa sejak tanggal tersebut Bandara Syamsudin Noor masih layak untuk beroperasi atau memenuhi ketentuan pengoperasian bandar udara, baik dari  segi kemanan maupun keselamatan.

Mengenai sampai  kapan sertifikasi itu berlaku, General Manager Bandara Syamsudin Noor, Handy  Heryudhitiawan menerangkan  "SBU ini berlaku sampai dengan tanggal 30 Juli 2020."

Sertifikat Bandar  Udara ini dikeluarkan menurut peraturan penerbangan Indonesia di bawah Otoritas  Undang-Undang Penerbangan Nomor: 1 Tahun 2009 dan Peraturan Keselamatan  Penerbangan Sipil bagian 139.

" UU tersebut  memberikan kewenangan kepada penyelenggara bandara yang namanya tercantum dalam  Buku Pedoman Pengoperasian Bandar Udara (Aerodrome Manual) untuk mengoperasikan  bandara ini." ujar General Manager Bandara Syamsudin Noor, Handy Heryudhitiawan.

Adapun aspek-aspek  yang dinilai diantaranya manajemen bandar udara (informasi umum aerodrome  manual, data yang dilaporkan kepada AIS, serta Airport Emergency Plan), Kontrol  Sisi Udara (manajemen operasi apron, manajemen keselamatan apron, hingga  PKP-PK), lingkungan bandar udara (alat bantu visual dan system kelistrikan, pengawasan terhadap obstacle, serta penanganan barang atau bahan berbahaya), pemeriksaan dan system pelaporan, sistem manajemen keselamatan, dan personil.

Lebih lanjut  General Manager menambahkan " SBU diperlukan sebagai pembuktian dan memastikan  bandara yang dikelola aman dengan mengedepankan aspek keamanan dan keselamatan  penerbangan. Bandara Syamsudin Noor sudah memenuhi kriteria itu. " Ungkapnya.

Dengan penerbitan  SBU ini maka segala fasilitas navigasi dan operasi bandara, prosedur  pengoperasian bandara serta para petugas operasional bandara yang dimiliki PT  Angkasa Pura I, Bandara Syamsudin Noor dinyatakan memiliki kemampuan untuk  melayani penerbangan secara aman sesuai peraturan keselamatan yang berlaku. (humas)