en id

Berita

SIMULASI PENANGGULANGAN KEBAKARAN MENGGUNAKAN ALAT PEMADAM API RINGAN (APAR)

26 May 2016

kembali ke list


Banjarbaru, Bandara  Syamsudin Noor mengundang mitra kerja dan mitra usaha yang beroperasi untuk  mengikuti acara sosialisasi sekaligus simulasi bahaya kebakaran serta  penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), hari ini, Kamis, 26 Mei 2016 di area Kantor Administrasi Kantor Cabang Bandara Syamsudin Noor.

Dipimpin oleh Trubus  Suharsono, Airport Operation &  Readiness Department Head yang sekaligus menjadi PTS. General Manager, sosialisasi diawali dengan himbauan dari  manajemen terkait pentingnya pengetahuan dan ketrampilan semua pihak akan penanggulangan  api jika terjadi kebakaran.

" Kami harap semua yang hadir pada hari ini  berani untuk melakukan praktek pemadaman sesuai dengan teori yang akan  disampaikan karena ini akan sangat bermanfaat tidak hanya di tempat kerja  melainkan juga di rumah masing-masing." terang Trubus Suharsono.

Lebih lanjut beliau  menerangkan bahwasannya kunci untuk menangani kondisi kebakaran, baik itu  ringan maupun besar adalah sikap yang tenang atau tidak panik, karena jika  tidak maka seluas apapun pengetahuan kita atau seterampil apapun biasanya akan  sulit menanggulangi.

Sebagai pembicara  dalam kegiatan tersebut, Sutriyanto, Airport  Fire Fighting & Rescue Section Head Bandara Syamsudin Noor menjelaskan mulai  dari faktor-faktor pemicu bahaya kebakaran khususnya di tempat kerja, proses  pemadaman api, bahan pemadaman api, pencegahan dan perlindungan bahaya  kebakaran, hingga peraturan-peraturan di sisi udara Bandara Syamsudin Noor terkait  keselamatan dan keamanan penerbangan.

" Seluruh pelaku  pelayanan jasa di Bandara Syamsudin Noor wajib menyediakan APAR dan harus mampu  mengoperasikannya. Keselamatan dan keamanan pengguna jasa dan seluruh personil  harus menjadi pehratian semua pihak. "  Ungkap Sutriyanto,  Airport  Fire Fighting & Rescue Section Head.

Untuk memastikan  sosialisasi berjalan efektif, di akhir acara diadakan simulasi pemadaman  kebakaran menggunakan dua metode yakni menggunakan fire blanket dan APAR.  Seluruh peserta yang hadir secara bergiliran satu-persatu melaksanakan praktek  pemadaman.

" Secara keseluruhan  simulasi berjalan lancar karena semua peserta yang hadir kooperatif dan berani  mencoba."  tutup Sutriyanto, Airport Fire Fighting & Rescue Section Head. (Humas BDJ).