en id

Berita

TEKAN RESIKO KECELAKAAN, BANDARA SYAMSUDIN NOOR GELAR RAMP SAFETY CAMPAIGN

07 Oct 2015

kembali ke list


Banjarbaru - Bertempat di Hotel Jelita Banjarbaru, Rabu, 7 Oktober 2015 Bandara Syamsudin Noor menggelar Ramp Safety Campaign yang menghadirkan internal General Manager beserta jajarannya dan seluruh komunitas bandara khususnya yang beroperasi di sisi udara seperti airline, groundhandling, Pertamina, Air Navigation Indonesia, dan lain sebagainya.

Ramp Safety Campaign sendiri merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada seluruh unit terkait di bandara yang meliputi aspek keselamatan, potensi ancaman bahaya, resiko kerugian serta cara untuk mengatasi potensi terjadinya ancaman terhadap keselamatan. Setiap personil perlu untuk mengetahui, mengerti, dan menghayati arti pentingnya keselamatan penerbangan serta menanamkan kedisiplinan untuk mentaati peraturan tata tertib bandara sehingga pada akhirnya dapat tercipta kemanan dan keselamatan kerja yang optimal (zero accident & incident).

Acara yang dipelopori oleh Airport Operation & Readiness Department dan Safety Management System, Quality Management, & Customer Service Department ini diantaranya membahas mengenai tata tertib berlalu lintas di sisi udara termasuk persyaratan kendaraan di sisi udara, persyaratan operator GSE, serta kewajiban-kewajiban untuk selalu mengenakan pakaian perlengkapan kegiatan di sisi udara seperti ear muff, rompi, safety shoes, flashlight, dan lain sebagainya. Dalam sesi diskusijuga dibahas mengenai berbagai penanganan apabila terjadi insiden seperti tumpahnya bahan bakar di area bandara.

Tindakan tegas pun dilakukan oleh Manajemen Bandara Syamsudin Noor untuk menindaklanjuti pelanggaran berkendara di sisi udara, mulai dari perigatan lisan, tertulis, pencabutan tim sementara hingga permanen. Semua itu adalah upaya yang telah dilakukan demi menjaga keselamatan. Hal ini sudah dilakukan saat diadakannya sweeping tanda pengenal dari setiap personil sisi udara pada bulan September lalu di mana tindakan tegas telah diberlakukan kepada pihak-pihak yang melangar peraturan keselamatan.

"Patuhi peraturan dan tata tertib bandar udara demi keamanan dan keselematan di sisi udara." Demikian kalimat yang disampaikan oleh Wahyu Riyanto, Airport Service Section Head sebagai salah satu pembicara yang sekaligus mengakhiri acara Ramp Safety Campaign. (Humas)