en id

Berita

TERMINAL KEDATANGAN SEMENTARA SEGERA BEROPERASI, BANDARA SYAMSUDIN NOOR ADAKAN PRA VERIFIKASI KESIAPAN FASILITAS

08 Jan 2016

kembali ke list


Banjarabru, Dalam rangka mempercepat perngoperasian terminal kedatangan sementara atau temporray terminal, Bandara Syamsudin noor memasuki proses pra verifikaosi dengan mengundang perwakilan Kantor Pusat PT Angkasa Pura I pada tanggal 6-8 Januari 2016. Adapun perwakilan dari kantor pusat yang hadir diantaranya Suwandi (terminal Building Department Head), Suko Waluyo (Equipment Department Head), dan made Sudiarta (Suecrity Check Point/SCP Department Head).

Hal-hal yang sudah dipersiapkan oleh Tim Kantor Cabang diantaranya pembuatan check list, daftar temuan, target penyelesaian, hingga laporan. Yang dicek antara lain ketersediaan fasilitaspencegah kebakaran, jalur evakuasi, toilet, hingga wifi untuk pelayanan pengguna jasa.

General Manager, Handy Heryudhitiawan menyampaikan "Masyarakat pengguna jasa Bandara Syamsudin Noor dalam sebulan ke depan sudah dapat menikmati perubahan suasan di terminal keberangkatan dan kedatangan. Pada bulan Februari 2016 mendatang, terminal kedatangan sementara (temporary terminal) Bandara Syamsudin Noor sebelum terbangun Bandara Internasional yang baru akan diresmikan atau mulai dioperasikan."

Temporary terminal ini lebih luas dan rute penerbangan yang dilayani tak hanya penerbangan domestik tapi juga internasional. Sebelumnya, terminal keberangkatan dan kedatangan berada di satu bangunan, nantinya akan dilebur hanya menjadi terminal keberangkatan.

Untuk terminal kedatangan penumpang, didirikan bangunan baru di area eks kantor PT Angkasa Pura I, Bandara Syamsudin Noor seluas 2600 meter persegi serta pembangunannya telah berlangsung tiga bulan lalu.

Handy Heryudhitiawan menambahkan "Saat ini manajemen tengah melakukan koordinasi atau kerja sama dengan seluruh instansi terkait penyelenggaraan penerbangan internasional."

"Instansi terkait seperti imigrasi, bea cukai, karantina, KKP, kita siapkan agar bertempat di bandara sehingga penyelenggaraan pelayanan penerbangan internasional dapat lebih terlayani secara fokus dan cepat. Tak hanya untuk umroh dan haji. Selanjutnya, instansi terkait penerbangan internasional akan selalu standby pelayanan di bandara." ungkapnya

Untuk operasional temporary terminal yang melayani penerbangan internasional, Bandara Syamsudin Noor telah mengajukan surat penyelenggaraan penerbangan internasional. (humas)