en id

Berita

TES URINE BAGI PILOT DAN KRU PESAWAT DI BANDARA SYAMSUDIN NOOR

28 Jul 2015

kembali ke list


Banjarbaru, Rabu (15/07) Pukul 05.00 WITA, PT Angkasa Pura I (Persero), Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin bekerjasama dengan BNN  (Badan Narkotika Nasional) daerah Kalimantan Selatan melaksanakan pengecekan  kesehatan bagi para Kru pesawat yang terdiri dari Pilot, Co Pilot dan  Pramugari. Hal ini diperuntukan demi menjamin rasa aman dan menepis keraguan  untuk terbang di Bandara Syamsudin Noor. Tes urine tersebut tak dipungkiri sebagai tindakan yang sangat diperlukan karena beberapa kali awak kabin  kedapatan positif menggunakan narkoba, dan hal itu yang berusaha dihindari di  Bandara Syamsudin Noor.

Menurut salah satu anggota BNN mengatakan hal ini adalah  sebuah program yang direncanakan oleh Pemerintah Pusat, yang dilaksanakan  serentak dalam waktu yang sudah disepakati oleh pihak BNN dan juga kepada  Angkasa Pura I Bandara Samsudin Noor Banjarmasin.

Kegiatan ini dipimpin langsung Kepala BNN Provinsi Kalimantan  Selatan, General Manager Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin  Handy Heryudhitiawan,  Perwakilan  Otoritas Bandara Pusat dan daerah, dan Kepolisian Resort Banjarbaru.

Berdasarkan kesan dari salah satu kru salah satu maskapai, berkata  “Saya sangat setuju dilakukan pengecekan ini karena hal ini sangat perlu  dilakukan agar kewaspadaan dalam keselamatan dalam penerbangan dikarenakan hal  ini menyangkut nyawa penumpang.”

“Ini merupakan salah  satu bentuk pelayanan kami supaya penumpang merasa aman dan yakin tidak ada  keraguan ketika terbang. Untuk itu kami ingin pastikan pilot dan awak kabin  bebas dari narkoba,” ujar GM PT Angkasa Pura I, Bandara Syamsudin Noor.

Ditambahkan Kepala Bidang Pemberantasan BNN provinsi Kalsel  Sujono menyebut kegiatan ini merupakan salah satu upaya menciptakan rasa aman  kepada para pemudik (Corporate Communication).