en id

Berita

TINGKATKAN KESELAMATAN PENERBANGAN, BANDARA SYAMSUDIN NOOR ADAKAN INSPEKSI RUNWAY SAFTEY TEAM

08 Dec 2015

kembali ke list


Banjarbaru, sebagai  upaya peningkatan keselamatan operasi penerbangan, pada hari Senin, 7 Desember  2015 Bandara  Syamsudin Noor melaksanakan inspeksi Runway Safety Team (RST). Dipimpin oleh General Manager Bandara Syamsudin Noor, Handy Heryudhitiawan selaku pengarah didampingi oleh Airport  Operation & Readiness Department Head dan SMS, QM, & CS Department  Head. Sebanyak kurang lebih 16 orang bergabung memasuki area runway melalui pos sisi udara untuk melakukan pengecekan sisi udara Bandara Syamsudin Noor.

Runway Safety Team sendiri adalah tim yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang salah  satunya adalah meningkatkan perencanaan, inspeksi dan evaluasi tindakan terhadap keselamatan operasi penerbangan di Bandara Syamsudin Noor. Selain itu juga bertugas mendapatkan solusi  pencegahan terjadinya runway incursion, runway excursion, dan runway confusion  secara komprehensif dan optimal sesuai standar best practices yang ada baik nasional maupun internasional.

Dalam kegiatan ini, tim saling berkoordinasi dengan pihak Air Navigation yang berwenang  memperbolehkan atau tidaknya tim memasuki runway karena menyesuaikan dengan  jadwal pesawat. Tim yang dibentuk pada bulan Mei 2015 ini berusaha  mengidentifikasi permasalahan yang ada di runway Bandara Syamsudin Noor. Adapun  yang menjadi temuan dalam kegiatan tersebut antara lain tebalnya lapisan karet  di aspal dari ban pesawat (rubber  deposit), lapisan aspal yang tajam, keretakan dan melengkungnya aspal di runway  (kulit buaya), dan pengecekan beberapa tambalan di runway. Selanjutnya temuan-temuan tersebut akan segera ditindaklanjuti oleh Manajemen Bandara Syamsudin Noor. (Humas)

Keterangan :

Runway Incursion : Keberadaan pesawat, kendaraan, dan manusia yang seharusnya tidak berada di  area take off dan landing pesawat

Runway Excursion : Kecelakaan pesawat udara ketika sedang take off dan landing di mana karena  suatu hal pesawat keluar runway (tergelincir)

Runway Confusion : Kebingungan di runway dikarenakan sign / penanda yang kurang sesuai