en id

Berita

UJI KELAIKAN KENDARAAN HAJI 2015

03 Sep 2015

kembali ke list


Banjarbaru (1/9), Dalam upaya memastikan keselamatan penerbangan Haji 2015, Unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan & Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Bandara Syamsudin Noor melakukan uji laik atas 19 kendaraan penunjang pelayanan Haji yang terditi dari 9 unit bus Damri, 2 unit truk, 2 unit Ambulan Kantor Kesehatan Pelabuhan dan 3 unit kendaraan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Airport Service Section, Airport Security, dan Fire Fighting and Rescue Section / PKP-PK ini dilakukan selama dua hari dari tanggal 1 hingga 2 September 2015 di gedung PKP-Pk. Adapun indikator yang dicek diantaranya adalah ketersediaan dan mondisi Alat pemadam Api Ringan (APAR), stiker dilarang merokok, lampu rotary, flame trap pada knalpot kendaraan mesin bensin, instalasi kabel / kelistrikan mesin, sistem pengapian, kondisi rem, fungsi keseluruhan lampu kendaraan, dan lain sebagainya.

Disela-sela kegiatan ini Sutriyanto, Airport Fire Fighting and Rescue Section Hean menjelaskan "Kami harus pastikan semua kendaraan dan fasilitas pendukung penerbangan Haji yang masuk ke area sisi udara dalam keadaan siap pakai dan lancar baik dari segi safety, security, maupun service yang diberikan kepada jemaah calon haji tahun 2015 ini."

Setelah dilkaukan pengecekan dan semua persyaratan telah dipenuhi maka semua kendaraan tersebut diberikan stiker layak uji dan pas kendaraan. Kendaraan-kendaraan tersebut digunakan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan penerbangan Haji tahun ini yaitu sebanyak 12 kloter yang pemberangkatannya berasal dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah yang dimulai dari tanggal 7 September nanti.

Manajemen Bandara Syamsudin Noor kemudian melakukan sosialisasi terkait peraturan di sisi udara di ruang rapat gedung perkantoran untuk memastikan bahwa semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Haji tahun ini memahami peraturan yang berlaku di bandara. (Corporate Communication)